5 Manfaat Konsumsi Mangga Setiap Hari

Mitrapost.com – Rata-rata, pohon mangga berbuah sekali dalam setahun. Buah bernama ilmiah mangifera indica ini sering dijumpai di Indonesia, terutama pada musimnya pada bulan Oktober hingga Desember.

Mangga memiliki banyak jenis, warna, dan ukuran. Namun, semuanya memiliki kandungan gizi yang hampir sama. Dilansir dari Healthline, dalam 165g manga, umumnya tersedia 99 kalori, 1,4g protein, 24,7g karbohidrat, 22,5g gula, vitamin C, B6, A, E, K, folat, kalium, magnesium, dan tiamin.

Tak hanya lezat dan segar, konsumsi mangga juga dapat memberikan sejumlah manfaat berikut.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Mangga mengandung vitamin A yang dapat mencukupi 10 persen kebutuhan harian. Nutrisi ini berfungsi menjaga kekebalan tubuh, dan mencegah infeksi. Selain itu, vitamin C didalamnya juga mencukupi hampir 75% kebutuhan harian, sehingga membantu tubuh menghasilkan sel darah putih yang efektif untuk menangkal penyakit.

Baca Juga :   Tips Buat Smoothie Hijau Sehat dan Enak di Rumah

Mengurangi risiko penyakit kronis

Mangga mengandung polifenol tinggi, yakni senyawa antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas, penyebab beberapa penyakit kronis. Tak hanya polifenol, mangga juga menyediakan antioksidan lainnya, seperti mangiferin, katekin, antosianin,asam galat, kaempferol, rhamnetin dan asam benzoate.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Mangga yang matang menyediakan enzim amilase yang dapat memecah molekul makanan besar seperti gula (glukosa dan maltose) dengan baik. Ini membuat saluran pencernaan menyerap gizi dan makanan lebih baik. Selain itu, buah tersebut juga mengandung banyak air dan serat. Dua kandungan tersebut dapat membantu anda mengatasi sembelit dan diare.

Meningkatkan kesehatan mata

Mangga juga memiliki nutrisi yang mendukung kesehatan mata, seperti antioksidan lutein dan zeaxanthin. Lutein dan zeaxanthin berfungsi menyerap kelebihan cahaya dan melindungi mata dari cahaya biru. Mangga juga merupakan sumber vitamin A yang mendukung kesehatan mata.

Baca Juga :   Fasyankes Rembang Siapkan Ruangan untuk Antisipasi Lonjakan Covid-19 di Bulan Ramadan

Camilan sehat

Mangga memiliki kepadatan kalori yang rendah. Studi menemukan, konsumsi buah segar seperti mangga di awal makan dapat memberikan sensasi lebih kenyang, sehingga menahan anda makan berlebihan. Namun, perlu dicatat bahwa mangga kering memiliki gula dan kalori yang lebih tinggi. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati