Tips Ampuh Mengatasi Bibir Hitam dan Kering

Mitrapost.com – Salah satu keluhan yang kerap dialami adalah bibir hitam dan kering. Sering kali, bibir hitam dapat mengganggu penampilan, sehingga aplikasi perona bibir pun menjadi tidak optimal. Sementara itu, bibir hitam dan kering dapat disebabkan oleh penggunaan kosmetik, kurangnya konsumsi sumber vitamin, hingga kebiasaan merokok.

Berikut kami rangkum sejumlah cara untuk mengatasi bibir hitam dan kering. Upaya ini dilakukan secara alami dan dapat dengan mudah diaplikasikan di rumah.

Kurangi minuman berkafein

Salah satu penyebab bibir hitam adalah kandungan kafein dalam minuman panas. Untuk kembali mencerahkan kulit bibir Anda, cobalah untuk mengurangi sedikit demi sedikit kebiasaan minum minuman berkafein seperti kopi dan teh. Selanjutnya, ganti kebiasaan minum dengan memperbanyak konsumsi air putih yang menyehatkan.

Baca Juga :   Kenali Tahapan Perubahan Kondisi Kulit di Setiap Kelompok Usia

Hindari menggigit atau menjilat bibir

Penyebab lainnya bibir hitam adalah sering menjilat bibir. Menjilat bibir membuat air liur Anda membasahi bibir, yang mana bisa menyebabkan bibir menjadi kehitaman. Selain itu, kebiasaan menjilat bibir juga dapat membuat bibir semakin kering.

Berhenti merokok

Rokok mengandung zat yang bisa membuat bibir menjadi kering dan hitam. Kebiasaan merokok dalam jangka panjang juga memicu munculnya keriput di sekitar bibir. Selain itu, panas dari rokok berpotensi untuk membakar kulit, hingga menimbulkan pigmentasi kulit. Inilah yang menyebabkan perokok aktif memiliki warna bibir yang lebih hitam. Oleh sebab itu, jika Anda memiliki kebiasaan merokok, hentikan segera.

Pijat bibir

Pijat bibir dipercayai dapat meningkatkan aliran darah pada bibir yang mana bisa membuat warnanya semakin cerah. Untuk hasil efektif, disarankan memakai minyak almond atau es batu saat melakukan pemijatan.

Baca Juga :   Tips Alami Hilangkan Bekas Jerawat Mengganggu

Eksfoliasi bibir

Kosmetik berupa perona bibir sering kali menyebabkan warna bibir menjadi lebih hitam seiring berjalannya waktu. Oleh sebab itu, perlu secara rutin untuk melakukan eksfoliasi bibir. Hal ini ditujukan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menempel. Caranya, campurkan gula dan madu, lalu oleskan pada bibir dan gosok perlahan dengan gerakan melingkar. Cara tersebut juga dapat merangsang produksi kolagen baru pada bibir.

Pakai lipbalm SPF

Paparan sinar matahari juga dapat membuat bibir menjadi lebih gelap. Untuk mengatasinya, disarankan mengguanakan lip balm yang memiliki SPF 30 atau lebih dari itu. Ini dapat melindungi kulit bibir dari paparan sinar UV berlebih, sehingga mencegah penuaan dini pada kulit bibir. (*)

Baca Juga :   Menghilangkan Stretch Mark, Berikut Obat yang Bisa Digunakan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati