Hindari Perkara yang Bisa Jadi Penghalang Masuk Surga Berikut Ini!

Mitrapost.com – Surga merupakan tempat terindah, dimana orang-orang mukmin akan kekal di dalamnya setelah berakhirnya kehidupan manusia. Allah SWT menjamin kecukupan dan segala kenikmatan yang akan diperoleh manusia yang beriman kepada-Nya, serta selalu berada di jalan-Nya.

Serperti dalam firman Allah SWT di surat Luqman ayat 8-9 yang berbunyi,

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ لَهُمْ جَنّٰتُ النَّعِيْمِۙ ٨ خٰلِدِيْنَ فِيْهَاۗ وَعْدَ اللّٰهِ حَقًّاۗ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ ٩

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan, Khālidīna fīhā, wa’dallāhi ḥaqqā, wa huwal-‘azīzul-ḥakīm

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, baginya surga-surga yang penuh kenikmatan. Mereka kekal di dalamnya sebagai janji Allah yang benar. Dia Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.”

Baca Juga :   Berikut Alasan Nabi Isa Turun ke Dunia dan Melawan Dajjal

Namun, sejumlah perkara disebut dapat menghalangi manusia masuk surga. Apa saja perkara tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

Sifat sombong

Diriwayatkan dari ‘Abdullah bin Mas’ud RA, dari Nabi SAW bersabda, “Tidak akan masuk surga orang yang di dalam hatinya terdapat sifat sombong walaupun sebesar atom. Lalu ada seorang laki-laki bertanya, ‘Sesungguhnya, seseorang senang pada pakaian bagus dan sandal bagus.’ Lalu beliau menjawab, ‘Sesungguhnya, Allah adalah indah dan mencintai keindahan, yang dimaksud sombong adalah menolak perkara yang benar dan meremehkan orang lain’.”

Utang

Dari riwayat Abdullah bin ‘Amr ra mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Semua dosa orang yang mati syahid diampuni, kecuali utang,” (HR Muslim).