Belum Sesuai Standar, Kemenperin Berupaya Tingkatkan Kualitas Garam Lokal

Mitrapost.com – Masih belum sesuai dengan standar, pihak Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pun terus berupaya meningkatkan kualitas produksi garam lokal.

Plt. Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil (IKFT), Taufiek Bawazier menilai jika pemerintah berperan dalam peningkatan kualitas garam lokal. Yaitu melalui Kemenperin dengan memfasilitasi antara industri pengguna garam dengan Koperasi Petambak Garam Nasional (KPGN) serta Produsen Garam Farmasi.

“Negara harus hadir ke petani tambak garam untuk memikirkan hasil produksinya dengan sains, agar petani tahu standar garam industri seperti apa,” kata Taufiek dilansir dari Bisnis.com.

Sementara itu, kualitas produksi garam kini mengalami penurunan akibat polusi air yang kian parah. Padahal, industri pengguna garam nasional membutuhkan sekitar 4,7 juta ton per tahun meliputi garam konsumsi dan industri.

Baca Juga :   Sebelum Masuk Musim Hujan, DKP Pati Klaim Persediaan Garam hingga Akhir Tahun Aman

Produksi garam nasional sendiri mencapai 1,9 juta ton. Jumlah itu hanya untuk menenuhi konsumsi. Sehingga masih ada 2,8 juta ton yang masih perlu dicukupi melalui impor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati