4 Pertanyaan yang Akan Diberikan pada Manusia di Hari Kiamat

Mitrapost.com – Pada hari kiamat, setiap manusia akan mendapatkan pertanyaan seputar kehidupan di dunia di hadapan Allah SWT. Sementara itu, jawaban dari setiap pertanyaan berupa tanggung jawab setiap hal yang diperbuat dan harta yang dimiliki oleh manusia itu sendiri.

Hadits yang dinarasikan Muadz bin Jabal dalam Majma’ Az Zawa’id, Rasulullah SAW menyebutkan, “Sekali-kali dua kaki hamba tidak terayun pada hari kiamat hingga dia ditanya tentang empat perkara,” (HR Turmudzi).

Apa saja empat perkara yang akan ditanyakan pada hari kiamat pada manusia?

Empat pertanyaan bagi manusia di hari kiamat

Dilansir dari DetikHikmah, empat perkara yang akan ditanyakan menurut hadits tersebut adalah usia dan bagaimana seseorang menghabiskannya, tentang masa muda dan bagaimana mereka menjalaninya, tentang harta dan bagaimana mereka membelanjakannya dan tentang ilmu dan bagaimana mereka mengamalkannya.

Baca Juga :   4 Takdir yang Ditetapkan Allah SWT Kepada Seluruh Manusia

Menurut Mahir Ahmad Ash Syufiy dalam dalam kitab Al Hisab, arti ‘sekali-kali dua kaki hamba tidak terayun pada hari kiamat’, yakni seorang hamba tidak akan berpindah ke tempat atau tahapan lain pada hari kiamat kelak sebelum menjawab pertanyaan tersebut. Lebih lanjut, pertanyaan tersebut merupakan pertanggungjawaban dari Allah SWR atas titipan-Nya kepada manusia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati