Benarkah Harus Segera Mandi Setelah Kehujanan?

Mitrapost.com – Di Indonesia, musim kemarau sudah beralih menjadi musim hujan. Salah satu yang perlu Anda waspadai saat musim hujan adalah imunitas tubuh, dimana di musim ini tubuh rentan terhadap penyebaran penyakit.

Banyak orang juga mempercayai bahwa kehujanan bisa mendatangkan pilek dan sakit kepala. Meski sampai saat ini belum ada cukup bukti yang menyatakan bahwa kehujanan bisa menyebabkan sakit kepala, namun pakar kesehatan memperkirakan air hujan dapat memengaruhi suhu tubuh.

Suhu dingin dapat memicu pembuluh darah menyempit. Ini menyebabkan sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh terbatas dan menimbulkan gangguan tertentu pada tubuh.

Untuk mencegah pusing setelah kehujanan, beberapa orang menyarankan langsung mandi dan mencuci rambut. Benarkah demikian?

Mengapa setelah kehujanan harus segera mandi?

Menurut sebuah penelitian dari Dokter Erick Brandt di Yale Hospital, mandi air hangat dapat mempercepat tubuh memompa darah dari pusat ke seluruh bagian tubuh. Mandi air hangat memiliki beberapa manfaatm termasuk menurunkan hipertensi, meningkatkan sirkulasi, hingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular bagi penderita darah tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati