Temukan Pangan Berformalin hingga Mengandung Prestisida, Disketapang Pati Inginkan Ada Tim Pengawasan

Pati, Mitrapost.com – Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kabupaten Pati telah melakukan pengujian terhadap komoditas dan menemukan beberapa pangan yang mengandung formalin hingga prestisida.

Dalam pengujian pangan di lapangan oleh Disketapang Pati pada beberapa pasar tradisional di Kabupaten Pati, ada satu hingga dua pedagang buah yang produknya mengandung formalin. Sedangkan pada sayur mengandung prestisida.

Keterangan ini disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Melalui Kepala Bidang (Kabid) Konsumsi dan Keamanan Disketapang Kabupaten Pati, Suntoro. Dirinya mengaku hingga kini hanya bisa melakukan pengujian pangan yang mengandung formalin dan prestisida.

Selain itu, Kabupaten Pati saat ini belum memiliki laboratorium untuk mengetahui presentase kandungan formalin ataupun prestisida. Sehingga dalam pengujian pangan hanya diketahui negatif atau positifnya saja.

Baca Juga :   Disketapang Pati Gencarkan Pengawasan Mutu Pangan pada Komoditas Beras

“Terus untuk yang buah sayur, emang sebelumnya ada zat pewarna. Surat ijin edarnya memang harus ada. Tapi kebijakannya belum jalan sampai saat ini. Dan pada kenyataannya memang ada, kalau hasil uji kandungan prestisida, formalin itu ada. Paling satu dua itu ada. Tapi uji sampel itu kan tidak mewakili seluruh keseluruhan. Kemaren sudah melakukan uji di tiga pasar. Pasar Puri Baru, Pasar Rogowangsan sama Pasar Kayen Baru,” jelasnya.