Manfaat Merendam Kaki di Air Hangat

Mitrapost.com – Salah satu metode yang dapat mengendurkan ketegangan otot-otot kaki adalah merendam kaki di dalam air hangat. Metode ini diyakini dapat meningkatkan relaksasi, sehingga memperbaiki kualitas tidur, mengurangi stres, hingga meningkatkan sirkulasi darah.

Dilansir dari Klik Dokter, berikut adalah manfaat merendam kaki di air hangat.

Merilekskan otot

Merendam kaki di dalam air hangat bisa menjadi cara untuk mengatasi nyeri kaki akibat aktivitas fisik, seperti terlalu lama berjalan atau berdiri. Ahli medis mengatakan bahwa merendam kaki dalam air hangat dapat membantu otot rileks, meredakan ketegangan dan nyeri, serta mengurangi pembengkakan.

Meningkatkan sirkulasi darah

Metode ini dapat meningkatkan aliran darah, yang mana akan mendorong penyembuhan lebih cepat, dan menurunkan risiko penyakit. Sirkulasi darah dalam tubuh yang baik penting untuk kesehatan, terutama bagi penderita diabetes, radang sendi, atau penyakit arteri perifer.

Menghilangkan stres

Merendam kaki dalam air hangat akan mengaktifkan titik-titik yang menghasilkan perasaan rileks ke seluruh tubuh. Perasaan nyaman ini akan menekan perasaan stres, sehingga perlahan berkurang.

Meningkatkan kualitas tidur

Rasa nyaman dan rileks setelah merendam kaki dengan air hangat dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Menurut National Library of Medicine, merendam kaki dengan air hangat sebelum tidur dapat menurunkan suhu inti tubuh. Penurunan suhu ini akan membantu Anda tertidur dengan cepat. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati