Waktu Terbaik Melantunkan Sholawat Nabi, Salah Satunya Hari Jumat

Mitrapost.com – Sholawat merupakan ungkapan pujian kepada Rasulullah SAW, dan menjadi amalan yang bisa dibaca kapanpun dan di manapun. Sholawat juga merupakan amalan yang mendatangkan kebaikan bagi muslim yang membacanya.

Rasulullah SAW datang dengan wajah berseri-seri dan bersabda, “Malaikat Jibril datang kepadaku sambil berkata, ‘Sangat menyenangkan untuk engkau ketahui wahai Muhammad, bahwa untuk satu sholawat dari seorang umatmu akan kuimbangi dengan sepuluh doa baginya dan sepuluh salam bagiku akan ku balas dengan sepuluh salam baginya,” (HR An Nasa’i).

Sementara itu, berikut beberapa waktu terbaik untuk mengamalkan sholawat Nabi Muhammad SAW, dikutip dari DetikHikmah.

Sesudah Azan

Diriwayatkan dalam Hadits Imam Ahmad dan Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Apabila kamu mendengar muadzin menyerukan azan, maka jawablah dengan jawaban yang sama ia baca. Setelah selesai, maka bersholawatlah kepadaku,” (HR Muslim).

Baca Juga :   Bagaimana Hukum Mengabaikan Orang yang Dizalimi?

Pada malam dan hari Jumat

Rasulullah SAW bersabda, “Perbanyaklah membaca sholawat pada malam Jumat dan siangnya, karena sholawat itu dikemukakan kepadaku,” (HR At Thabrani).

Permulaan dan akhir doa

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya doa itu berhenti antara langit dan bumi, tiada naik barang sedikit juga dari padanya sehingga engkau bersholawat atas nabimu,” (HR Tirmidzi).

Saat memulai urusan dan majelis

Rasulullah SAW bersabda, “Setiap pekerjaan baik jika tidak dimulai dengan bersholawat maka pekerjaan atau urusan itu terputus dan hilang keberkahannya.”