Turunkan Kolestrol dengan Tips Konsumsi Makanan Berikut Ini

Mitrapost.com – Konsumsi makanan tertentu dapat membantu menurunkan kolestrol yang merupakan penyebab berbagai penyakit kronis. Jenis makanan yang menyehatkan jantung dapat menurunkan kadar kolestrol jahat, sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Meski demikian, konsumsi makanan ini harus dilakukan secara rutin dan konsisten, serta diiringi dengan perubahan gaya hidup sehat. Berikut kami rangkum tips konsumsi makanan untuk turunkan kolestrol dengan cepat, dikutip dari Mayo Clinic.

Mengurangi lemak jenuh

Lemak jenuh yang ditemukan pada daging merah dan produk susu berlemak dapat meningkatkan kolesterol total dalam tubuh Anda. Sementara itu, mengurangi konsumsi lemak jenuh yang biasanya ada pada gorengan dan makanan cepat saji dapat mengurangi kolesterol low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol ‘jahat’.

Baca Juga :   Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Berminyak

Hindari lemak trans

Lemak trans merupakan lemak yang terbentuk saat minyak menjadi lemak padat. Lemak ini dikenal sebagai trans fat, terdiri dari dua macam yaitu asam lemak yang terbentuk secara alami dan asam lemak buatan. Asam lemak alami terbentuk dalam usus hewan dan produk susu. Sementara asam lemak buatan dihasilkan dari proses industri. Lemak trans ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar lemak baik.

Konsumsi lemak sehat

Asam lemak sehat seperti omega-3 memiliki manfaat menyehatkan jantung, termasuk menurunkan tekanan darah. Beberapa makanan kaya dengan asam lemak omega-3, termasuk salmon, tuna, makarel, dan walnut.

Meningkatkan serat larut

Serat larut merupakan jenis serat yang dapat larut dengan air. Serat ini memiliki kemampuan untuk mengatur tekstur feses dan melancarkan gerakan makanan diusus. Tak hanya baik untuk sistem pencernaan, serat ini memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan jantung karena dapat mengikat kolesterol, mencegah kenaikan kadar gula darah, dan mengontrol berat badan. Serat ini terdapat pada gandum utuh, oat, kacang-kacangan, sayur (brokoli, kubis, labu, ubi jalar) dan buah (apel, pisang, pir, dan jeruk).

Baca Juga :   10 Kebiasaan Buruk Mengganggu Kesehatan

Tingkatkan protein whey

Whey protein adalah protein yang terdapat di dalam whey, yaitu sisa susu yang dihasilkan dalam produksi susu dan keju. Selain kedua itu, protein ini juga terdapat pada suplemen. Berbagai riset menunjukkan bahwa konsumsi whey protein secara rutin dapat mengurangi kolesterol dan trigliserida, serta tekanan darah. Ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ-organ penting tubuh, seperti otak dan jantung. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati