Jenis-jenis Orang Kafir, Ada yang Harus Diperangi Maupun Tidak

Mitrapost.com – Kafir merupakan istilah bagi orang yang berbuat kufur atau ingkar saat dihadapkan pada kebenaran, serta menolak untuk beriman kepada Allah SWT. Keimanan sendiri merupakan wujud penerimaan dan percaya terhadap sesuatu.

Dikutip dari DetikHikmah yang menukil buku Ahl Al-Kitab: Makna dan Cakupannya dalam Al-Quran oleh Prof Dr H. Muhammad Galib, kafir berasal dari kata ‘Kafara’ yang artinya menutupi. Di dalam Al-Quran, kata kafir (kufr) ditemukan sebanyak 525 kali. Salah satu surat yang berisi tentang kafir adalah surat Al-Kafirun, artinya orang-orang kafir.

Menurut Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya, turunnya surat Al-Kafirun merupakan bentuk tanggapan berupa penolakan atas ajakan orang-orang kafir Quraisy kepada Nabi Muhammad agar menyembah berhala-berhala mereka selama satu tahun, lalu mereka akan menyembah Allah selama satu tahun.

Baca Juga :   Berikut 3 Aturan Baru Tawaf bagi Jemaah Umrah

Sementara itu, orang-orang kafir disebut sebagai orang-orang yang mengunci hati, pendengaran dan penglihatan mereka rapat-rapat terhadap kebenaran. Hal ini sesuai dengan ayat dalam surat Al-Baqarah 6-7, yang berbunyi;

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati