Kurangi Kegalauan Kelompok Petani Dusun Jogan, Ramai-ramai Buat Pupuk Biosaka

Pati, Mitrapost.com – Eny Prasetyowati, Koordinator Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian dan Penyuluh Pertanian Lapangan (BPP PPL) Kecamatan Gabus melaksanakan kegiatan pembuatan pupuk organik biosaka. Diharapkan pupuk organik Biosaka dapat membantu petani dan mengobati kegalauan akibat penurunan pasokan pupuk bersubsidi.

Eny mengatakan cara pembuatan Biosaka sangat mudah. Hanya memerlukan tanaman atau rumput-rumput liar yang kondisinya masih bagus, tidak berlubang, tidak bercak-bercak dan tidak ada hama pada rerumputan yang akan digunakan tersebut.

“Biosaka ini kita mengambilnya dari tanaman liar dan rumput-rumput liar. Yang dia tidak dirawat, tidak di pupuk, tetapi dia bisa hidup tanpa campur tangan manusia,” ucap Eny, pada Rabu, (24/01/2024).

Baca Juga :   Harga Jual Padi Organik Lebih Tinggi Dibandingkan Padi Sintetis

“Kalau tanaman budidaya kan dimanja tangan manusia dengan diberi pupuk. Kita mau membuat tanaman budidaya sekuat rumput dan tanaman liar. Jadi itulah, Filosofi Biosaka ada disitu, mau menularkan daya adaptasinya kepada tanaman budidaya, sehingga pupuk kimia nanti tidak menjadi hal yang utama lagi, tapi hanya sebagai pemicu saja di awal tumbuhnya,” tambah Eny.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati