4 Bahan Alami untuk Hilangkan Noda Membandel di Pakaian, Mudah Ditemukan di Rumah

Mitrapost.com –  Menyadari ada noda di baju putih Anda sering kali membuat frustasi untuk membersihkannya. Apalagi, jika noda tersebut membandel, sehingga sulit untuk dihilangkan hanya dengan menggunakan bantuan mesin dan deterjen biasa.

Anda mungkin harus mengganti metode pencucian dengan yang lebih ampuh untuk menghilangkan noda membandel. Beberapa bahan alami ternyata telah terbukti bisa membantu menghilangkan noda dan bau pada pakaian. Tak hanya mudah dicari, bahan-bahan alami ini juga lebih murah dan ramah lingkungan.

Dilansir dari The Spruce, berikut tipsnya.

Baking soda

Baking soda merupakan bahan alami yang ampuh digunakan untuk menghilangkan noda pada semua bahan pakaian, termasuk pakaian tidur anak-anak. Soda kue juga membantu meningkatkan kinerja deterjen, melembutkan kain, dan mengurangi busa untuk pembilasan lebih cepat.

Baca Juga :   Tips Sejukkan Hati di Bulan Ramadan

Setelah merendam pakaian, taburkan baking soda di area yang bernoda. Tunggu selama 30 menit, kemudian gosok menggunakan sikat lembut. Setelah terlihat cukup bersih, bilas dengan air seperti biasa.

Cairan jeruk lemon dan jeruk nipis

Cairan pada lemon atau jeruk nipis memiliki efek pemutihan alami pada kain karena kandungan asam asetat. Namun, jika Anda menumpahkannya pada pakaian berwarna, sebaiknya hilangkan sarinya sebelum menyebabkan perubahan warna permanen. Anda juga bisa menggunakan satu dari dua jenis jeruk tersebut untuk membantu menghilangkan noda kuning bagian ketiak di baju putih Anda.

Cuka Putih Suling

Cuka juga memiliki sifat membersihkan yang cukup kuat. Caranya, tuangkan cuka di bagian pakaian yang terkena noda, kemudian diamkan selama 10 menit. Setelah itu, gosok bagian tersebut dengan menambahkan sedikit cuka lagi untuk memperkuat hasilnya. Setelah itu, Anda bisa mencuci pakaian seperti biasa.