Jumlah Investasi di Jateng Naik 12,59 Persen

Mitrapost.com – Jumlah investasi atau penanaman modal di Jawa Tengah mengalami kenaikan sebesar 12,59 persen selama tahun 2023.

Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jateng Sakina Rosellasari mengungkapkan bahwa berdasarkan pada Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM), triwulan I sampai IV 2023, jumlah investasi di Jateng mencapai Rp77, 02 triliun dan penyerapan tenaga kerja sebanyak 280.643 orang.

Sedangkan pada tahun 2022 lalu, jumlah investasi di Jateng mencapai Rp68,41 triliun.

Dari jumlah investasi Rp77, 02 triliun yang masuk, paling banyak adalah dari pemodal dalam negeri. Dimana, penanaman modal dalam negeri (PMDN) mencapai Rp32,98 triliun. Sedangkan sektor UMKM Rp20,9 triliun dan Penanaman modal asing (PMA) Rp23,14 triliun.

Baca Juga :   Sempat Tutup Dua Bulan, DPMPTSP Pati Kembali Gelar Pelayanan Tatap Muka

“Ada kenaikan signifikan, yang naik adalah PMDN dan UMKM. Kemudian untuk PMA ada penurunan, meskipun sebetulnya Jateng jadi provinsi favorit padat karya,” ujarnya.

Ia menilai, Jateng menjadi pilihan pemodal karena aksesibilitas dan ketersediaan tenaga kerja dan upah yang kompetitif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati