5 Manfaat Minum Air Putih, Jaga Kesehatan Kulit

Mitrapost.com Air putih tidak hanya menghilangkan rasa dahaga, namun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Air putih dapat memenuhi kebutuhan cairan bagi tubuh. Oleh sebab itu jaringan, sel, dan organ dalam berfungsi dengan baik.

Baiknya orang dewasa disarankan mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter per hari. Sedangkan wanita hamil disarankan mengkonsumsi air putih sebanyak 2,5 liter perhari, dan 3 liter bagi wanita menyusui.

Manfaat minum air putih bagi kesehatan

  1. Mencegah dehidrasi

Minum air putih dapat menjaga asupan cairan untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi biasanya ditandi oleh sering merasa haus, buang air kecil lebih sedikit dari biasanya, mulut kering, merasa lelah, pusing, dan urine berwarna gelap serta berbau menyengat.

Baca Juga :   Kebutuhan Vitamin yang Wajib Dipenuhi Ibu Hamil

Jika dibiarkan berlarut-larut akan menyebabkan gangguan pada fungsi ginjang, kejang, hingga syok yang mengancam jiwa.

  1. Menurunkan berat badan

Air putih dapat meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh, sehingga proses pembakaran lemak dapat dilakukan lebih mudah. Selain itu, air putih dapat membantu membuang kotoran melalui keringat, urine, dan tinja.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Kurangnya cairan dalam tubuh dapat membuat kulit kering dan terlihat kusam. Oleh karenanya, jika ingin kulit sehat dan bercahaya sebaiknya penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum air putih.

  1. Memelihara kesehatan sendi dan otot

Dari banyaknya manfaat minum air putih, salah satunya dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan sendi dan otot. Efeknya adalah tubuh tidak mudah lelah saat melakukan aktivitas.

  1. Mencegah batu ginjal
Baca Juga :   Jantung Berdebar Kencang, Waspada Gejala Penyakit Jantung

Dalam sebuah penelitian air putih terbukti efektif mencegah terbentuknya batu ginjal serta kambuhnya orang yang pernah menderita batu ginjal. Hal ini, dikarenakan air putih melancarkan proses pembuangan kotoran melalui urine dan mencegah kristal terbentuk yang mejadi penyebab batu ginjal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati