Fakta-fakta Menarik Gohyong, Jajanan Viral Perpaduan Budaya Tiongkok dan Betawi

Mitrapost.com – Akhir-akhir ini viral di internet jajanan kaki lima yang bernama Gohyong. Gohyong sendiri merupakan makanan khas Betawi yang terbuat dari daging ayam cincang, kemudian dibungkus dengan kulit dan digoreng. Gohyong juga bisa disajikan dengan irisan cabai dan kuah berwarna cokelat.

Gohyong dikenal sebagai kuliner hasil persilangan budaya Cina dan Betawi. Di China, isiannya menggunakan cincangan daging babi, namun pedagang di Indonesia menggunakan daging ayam agar tetap halal. Makanan ini memiliki tekstur renyah di luar, namun lembut di dalam. Rasanya pun gurih dan lezat, apalagi jika dicampurkan dengan kuahnya.

Di Pati sendiri, Gohyong bisa ditemukan di pedagang kaki lima sekitar wilayah Puri, Pati. Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa fakta Gohyong, jajanan yang viral di media sosial.

Baca Juga :   RESEP: Bakwan Jagung Kriuk Bikin Nagih

Perpaduan budaya Tiongkok dan Betawi

Makanan ini berasal dari Provinsi Fujian, China yang kemudian dibawa ke wilayah Asia Tenggara. Di China, makanan ini terbuat dari cincangan daging babi, kemudian dibumbui ngohiong atau 5 jenis bumbu pedas, lalu dibungkus dengan kulit tahu. Bumbu ngohiong terdiri dari campuran kayu manis, bunga lawang, lada shicuan, dan biji adas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati