Pengobatan Rumahan untuk Penyakit Flu di Musim Hujan

Mitrapost.com – Saat musim hujan, anak-anak lebih rentan terjangkit penyakit seperti demam dan flu. Virus ini juga menyebar dengan mudah melalui udara maupun droplet saat orang lain batuk maupun bersin.

Jika Anda atau anak Anda terserang virus ini, Anda mungkin membutuhkan pengobatan oleh dokter atau konsumsi obat-obatan dari apotek. Namun, jika tidak memungkinkan, beberapa alternatif pengobatan alami ini bisa menjadi pilihan Anda.

Cara ini dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh melawan flu dan membuat kondisi kesehatan lebih baik.

Berkumur

Menurut Dr Len Horovitz dari New York, saat sakit tenggorokan, berkumurlah dengan air garam untuk membantu mengurangi peradangan dan mengencerkan lendir di tenggorokan seperti menghilangkan virus dari tenggorokan.

Baca Juga :   Keuntungan Mengukus Makanan Bagi Kesehatan Tubuh

Minum air putih

Sistem kekebalan membutuhkan hidrasi untuk melakukan fungsinya. Oleh sebab itu, Christine Ryan seorang ahli gizi menyarankan lebih banyak air putih untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, ia juga merekomendasikan untuk menambahkan minuman herbal seperti air jahe atau the herbal untuk menambah kehangatan.

Menghirup uap

Mandi air hangat sambil menghirup uapnya dapat membantu menenangkan tenggorokan dan saluran hidung, sekaligus membantu membersihkan lendirnya, kata Neil Schachter, dari New York City. Hirup uapnya sekitar 10 menit.

Tidur yang cukup

Tidur dan meluangkan waktu untuk istirahat dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Tidurlah dengan cukup dan istirahat dari aktivitas melelahkan. Selain itu, hindari kontak dengan orang lain sampai demam turun selama 24 hingga 48 jam.