Tradisi-tradisi dalam Perayaan Cap Go Meh, Salah Satunya Festival Lampion

Mitrapost.com – Perayaan Cap Go Meh jatuh pada tanggal 24 Februari 2024 atau bertepatan dengan dengan hari ke-15 bulan pertama menurut kalender China. Cap Go Meh sendiri merupakan puncak perayaan dari rangkaian Tahun Baru Imlek, sehingga masyarakat Tionghoa merayakannya dengan melakukan beberapa tradisi.

Cap Go Meh berasal dari bahasa Hokkien yang berarti malam kelima belas. Istilah ini umumnya digunakan oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia dan Malaysia. Sementara itu, di China sendiri lebih dikenal dengan Festival Lampion.

Oleh sebab itu, perayaan Cap Go Meh biasanya ditandai dengan pemasangan lampion merah di jalan-jalan utama kota. Berikut ini adalah beberapa tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Tionghoa saat perayaan Cap Go Meh.

Baca Juga :   Identik dengan Hujan, Begini Prakiraan Cuaca Imlek 22 Januari 2023

Makan makanan khas Cap Go Meh

Saat perayaan Cap Go Meh, keluarga keturunan Tionghoa biasanya memiliki makanan khusus yang dihidangkan di momen spesial tersebut. Seperti contoh, mi panjang umur yang panjangnya bisa mencapai 2 meter. Mi ini mengandung harapan diberi kesehatan dan umur panjang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati