Tembung Digugu lan Ditiru Wajib Diperhatikan oleh Guru Pati

Pati, Mitrapost.com – Kalimat digugu lan ditiru merupakan kalimat Jawa yang sampai sekarang dipegang oleh masyarakat Jawa dan sering diucapkan oleh para guru di lingkungan formal. Hal ini menandakan kalimat Jawa tersebut masih menjadi trend di era sekarang.

Ada 4 kompetensi guru yang harus dimiliki seorang guru. Kompetisi tersebut terdiri dari kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.

Dari 4 Kompetensi tersebut, yang biasanya menjadi akar masalah di point kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial.

“Kalau masalah pedagogik dia sudah mampu, masalah profesional juga sudah mampu. Tetapi yang 2 ini, yang sering terlupakan dan terkadang terlena yang pertama tentu kompetensi kepribadian,” kata Ruhani, Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati, belum lama ini kepada wartawan mitrapost di kantor setelah selesai menghadiri pertemuan PD IGRA.

Baca Juga :   Capai 2.860 Pelamar, Bukti Antusiasme Pendaftar Guru Masih di Pati Tinggi

Ruhani menyoroti kompetensi kepribadian yang masih ada kendala. Menurutnya, guru harus senantiasa memiliki kepribadian yang berbudi luhur atau akhlak yang bagus. Karena akan berimbas secara tidak langsung terhadap murid/peserta didik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati