Makanan Khas Ramadan dari Berbagai Negara

Mitrapost.com – Kemeriahan Ramadan tentu dirasakan oleh setiap muslim di seluruh belahan dunia manapun. Di bulan suci ini, umat Muslim akan melaksanakan puasa wajib selama 1 bulan penuh, serta beribadah bersama keluarga maupun orang-orang yang dicintai.

Salah satu cara untuk merayakannya, banyak orang menghidangkan berbagai macam makanan yang istimewa untuk sahur maupun berbuka. Ternyata, tak hanya di Indonesia yang memiliki makanan khas Ramadan. Berbagai negara lainnya juga memiliki hidangan tertentu yang sering ditemui saat datang bulan suci Ramadan.

Berikut adalah sejumlah menu untuk berbuka puasa dari berbagai Negara.

Sheer Khurma

Makanan ini berasal dari negara Pakistan. Sheer Khurma sendiri memiliki arti susu dan kurma, dengan bahan utama bihun. Makanan ini dibuat dengan menambahkan mentega, kemudian diberi susu, gula dan kurma.

Baca Juga :   Makanan-makanan Khas Bulan Ramadan di Indonesia

Sheer Kurma memiliki tekstur lembut seperti sup krim kental. Rasanya pun manis, sehingga cocok dihidangkan dengan buah-buahan kering.

Samosa

Selain Sheer Kurma, Pakistan juga memiliki hidangan khas Ramadan lainnya, yakni Samosa. Samosa merupakan hidangan berupa pastel berbentuk segitiga yang umumnya diisi dengan berbagai bahan isian, seperti kentang pedas, bawang bombai, kacang-kacangan, dan daging domba atau sapi yang dicincang. Tak hanya itu, masyarakat Pakistan juga senang menambahkan isian samosa dengan keju mozzarella.

Ramazan Pidesi

Ramazan Pidesi merupakan makanan berbuka khas Turki. Hidangan ini berupa roti dengan tekstur lembut dan memiliki cita rasa manis dan gurih. Ramazan Pidesi dibuat dari tepung terigu, air, susu, ragi, gula, garam, dan mentega atau minyak zaitun. Roti ini memiliki bentuk yang pipih dengan bagian tengah yang lebih tebal dan biasanya diberi topping biji wijen.

Baca Juga :   Makanan-makanan Khas Bulan Ramadan di Indonesia

Bolani

Bolani merupakan hidangan khas Afghanistan berupa roti gepeng berisi sayuran. Hidangan ini bisa disajikan dengan dipanggang maupun digoreng, sehingga menghasilkan tekstur lebih kering dan renyah. Orang Afghanistan biasanya mencelupkan Bolani ke yoghurt.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati