Kronologi Pilot dan Kopilot Batik Air Tidur Saat Penerbangan

Mitrapost.com Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menemukan pilot dan kopilot maskapai Batik Air terlelap saat penerbangan dari Kendari, Sulawesi Tenggara ke Jakarta.

Melansir dari laporan investigasi di laman KNKT pada Sabtu (9/3/2024), pesawat penerbangan rute Jakarta-Kendari yang memiliki kode registrasi PK-LUV pulang pergi menggunakan Airbus A320.

Sebelum keberangkatan dari Jakarta, kopilot mengaku kepada pilot bahwa dirinya kurang istirahat, sehingga pilot menyarankan untuk tidur selama 30 menit dan penerbangan berlangsung lancar.

Setiba di Kendari, pilot dan kopilot beristirahat menunggu penerbangan selanjutnya sembari makan mie instant di dalam kokpit. Pada penerbangan selanjutnya, kapten pilot bertugas sebagai pilot monitor atau pilot monitoring (PM) sedangkan kopilot bertugas sebagai pilot flying (PF).

Baca Juga :   Pilot Citylink Meninggal di Bandara Juanda setelah Sakit di Atas Pesawat

Pesawat dengan nomor penerbangan BTK6723 yang mereka kemudikan lepas landas pada pukul 07.05 waktu setempat dengan 153 penumpang. Selanjutnya, pukul 07.37 waktu setempat, keduanya melepas headset dan menyalakan loud speaker dengan volume tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati