Bacaan Doa Qunut Versi Panjang dan Pendek

Mitrapost.com – Saat salat subuh, imam salat sering kali menyempatkan untuk membaca doa qunut sebelum sujud. Doa qunut merupakan doa yang diucapkan sambil berdiri tegak dalam salat dan hukumnya sunah.

Doa ini dianggap sebagai permohonan atas berkah, ampunan, dan perlindungan dari Allah SWT untuk menjauhkan kita semua dari mudarat, sekaligus memperoleh keberkahaan. Untuk itu, umat muslim bisa memanjatkannya pada saat salat Witir dan salat lima waktu apabila terjadi musibah, seperti serangan musuh, bencana alam, dan lain-lain.

Berikut adalah bacaan doa qunut versi panjang maupun pendek.

Doa qunut versi panjang

اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيْمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِي فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِي فِيْمَنُ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِي فِيْمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِي بِرَحْمَتِكَ شَرَّمَا قَضَيْتَ، فَإِنَّكَ تَقْضِي وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ، وَإِنَّهُ لَا يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلَا يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ ، فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ، وَصَلَّى اللَّهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْأُمّي وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَ سَلَّم