BMKG Prediksi Provinsi Paling Panas di Musim Kemarau 2024

Mitrapost.comBadan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprediksi beberapa provinsi yang mengalami curah hujan sedikit di musim kemarau 2024.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawari mengatakan musim kemarau akan menyapa Indonesia di bulan April.

“BMKG memprediksi awal musim kemarau terjadi seiring aktifnya Monsun Australia pada April 2024 yang akan dimulai dari wilayah NTT, NTB, dan Bali, lalu wilayah Jawa, kemudian mendominasi di seluruh wilayah Indonesia pada periode Mei-Agustus 2024,” katanya dalam konferensi pers daring pada Jumat (15/3/2024).

Lebih lanjut, ia menjelaskan daerah yang dilanda musim kemarau pada April mencapai 90 Zona Musim (ZOM) atau 13 persen dari jumlah 699 ZOM di Indonesia.

Baca Juga :   BMKG Prediksi Gelombang Tinggi di Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk

Daftar wilayah yang dimaksud adalah Bali, NTB, NTT, Jakarta, Pesisir Utara Banten, pesisir Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Selanjutnya, Dwikorita menekankan bahwa wilayah tersebut akan mengalami musim kemarau di bawah normal juga.

Ia menyampaikan soal normal atau tidaknya berkaitan dengan sifat hujan, dimana perbandingan jumlah curah hujan dalam periodetertentu (satu mudim kemarau) dengan curah hujan normal (rata-rata dalam 30 tahun periode 1991-2020).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati