Tanggul di Jateng Banyak yang Jebol, Nana Sudjana Nilai Perlu Ada Evaluasi

Mitrapost.com – PJ Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana menilai jika perlu ada evaluasi seluruh tanggul sungai yang ada di Jateng.

Hal itu mengingat banyaknya tanggul yang jebol dan menyebabkan banjir. Sebagaimana yang terjadi di Kabupaten Pekalongan, Grobogan, Demak, dan Jepara.

“Tanggul-tanggul yang ada akan dievaluasi, dan secara bertahap akan melakukan perbaikan,” jelasnya.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca di Jawa Tengah dalam sepekan ke depan diprediksi mengalami hujan ekstrem. Oleh karena itu, perlu ada penguatan tanggul.

Kepala BNPB, Suharyanto mengatakan bahwa banjir yang terjadi di Jepara dan Karanganyar Demak disebabkan karena tanggul Daerah Aliran Sungai (DAS) Wulan yang jebol.

Baca Juga :   Perkiraan Cuaca di Jawa Tengah Hari Ini, Awas Hujan Petir

“Kita sudah punya pengalaman langsung menangani banjir serupa di tempat yang sama. Cuma, karena debit air lebih tinggi, sehingga terkesan yang terdampak lebih luas,” jelasnya.

Perbaikan tanggul sungai di Jateng sendiri akan dilakukan oleh Kementerian PUPR. Ia berharap tidak ada lagi tanggul yang tidak kuat, sehingga tidak mampu menahan debit air sungai yang tinggi. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati