Puasa Dianjurkan Menahan Amarah, Berikut Doa untuk Meredamnya

Mitrapost.com – Saat berpuasa, umat Muslim dianjurkan untuk menahan amarah. Pasalnya, marah merupakan tindakan yang sebaiknya dihindari karena dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Kemarahan merupakan pengaruh setan yang dapat mendorong orang lain mengeluarkan perkataan dan melakukan perilaku impulsif, yang nantinya dapat menyakiti hati seseorang.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menahan amarah dan menenangkan diri. Untuk meredam amarah, dianjurkan untuk segera berwudhu, duduk atau berbaring untuk menenangkan pikiran sejenak.

Selain itu, Rasullulah SAW mengajarkan doa yang bisa dibaca untuk meredam kemarahan diri sendiri. Imam Al-Ghazali dalam Ihya Ulumiddin menyebutkan bahwa Rasulullah mengajarkan doa berikut ini kepada istrinya, Siti Aisyah ra.

Doa Meredam Amarah

اَللَّهُمَّ رَبَّ النَّبِيِّ مُحَمَّدٍ اغْفِرْ لِيْ ذَنْبِيْ ، وَأَذْهِبْ غَيْظَ قَلْبِيْ ، وَأَجِرْنِيْ مِنْ مُضِلَّاتِ الفِتَنِ

Allâhumma Rabban nabiyyi Muhammadin, ighfirlî dzanbî, wa adzhib ghaizha qalbî, wa ajirnî min mudhillātil fitani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati