Kebiasaan Apa Saja yang Memperparah Jerawat di Wajah?

Orang-orang banyak berjerawat di dahi, hidung, dan dagu, sehingga oleskan perawatan jerawat secara merata di area tersebut. Anda juga bisa mengoleskan ke seluruh wajah Anda.

Penggunaan produk penyebab jerawat

Beberapa riasan, serta banyak produk perawatan kulit dan rambut mengandung minyak atau bahan lain yang dapat menyebabkan munculnya jerawat.

Lebih baik, gunakan produk riasan, tabir surya, perawatan kulit yang berlabel ‘nonkomedogenik’ atau ‘tidak akan menyumbat pori-pori’. Produk-produk ini tidak menyebabkan jerawat pada kebanyakan orang.

Berbagi alat make-up

Berbagi alat make-up juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Bakteri penyebab jerawat, minyak, dan sel kulit mati pada kulit orang lain dapat ikut terbawa dalam riasan Anda. Dengan penggunaan bersama, Anda bisa memindahkan bakteri, minyak, dan sel kulit mati ke kulit Anda. Oleh sebab itu, pastikan Anda memiliki alat make-up sendiri dan hindari berbagi dengan orang lain.

Baca Juga :   Pentingkah Mencuci Kuas Make-up?

Tidur dengan riasan masih menempel

Riasan yang dibiarkan menempel dalam waktu yang lama dan tidak dibersihkan akan menyebabkan timbulnya jerawat. Oleh sebab itu, hapus riasan Anda sebelum tidur. Jika Anda terlalu lelah untuk mencuci muka, gunakan handuk penghapus riasan.

Memencet jerawat

Saat Anda memencet jerawat, kemungkinan besar Anda akan mendorong sebagian isinya yang berupa darah, sel kulit mati, atau bakteri. Ini akan meningkatkan peradangan pada kulit, hingga menimbulkan jaringan parut dan nyeri. Oleh sebab itu, hindari menggosok atau memencet jerawat dan obati jika perlu untuk mempercepat penyembuhan. (*)