Jelang Idulfitri, Harga Bahan Pokok di Pubalingga Mulai Turun

Mitrapost.com – Harga sejumlah bahan pokok di Kabupaten Purbalingga mulai bergerak turun jelang Idulfitri.

Dimana per Jumat (5/4/2024), harga beras di kisaran Rp14.000- Rp14.300 per kilogram. Dari yang sebelumnya di angka Rp17.000-Rp18.000 per kilogram.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Purbalingga, Johan Arifin mengatakan bahwa hal tersebut merupakan kabar gembira.

“Yang membahagiakan kita dan masyarakat adalah bahwa harga beras sekarang sudah mulai turun. Dari awal tahun kemarin, sempat di angka Rp17.000-Rp18.000 untuk beras medium, tadi hasil cek di lapangan oleh Ibu Bupati beserta tim, harganya sudah di angka Rp14 ribu sampai Rp14.300. Jadi, (harganya) sudah turun cukup signifikan,” ujarnya.

Baca Juga :   Bulog Siap Impor Beras, Begini Tanggapan DPRD Pati

Ia menyebut menurunnya harga sejumlah komoditas terjadi karena operasi pasar dan pasar murah yang digencarkan pemerintah.

“Kita sudah menggelontorkan hampir 200 ton sejak Januari, baik itu di pasar, di toko-toko pedesaan, maupun di perusahaan-perusahaan. (Upaya) yang kedua, dalam dua minggu ini Pemkab Purbalingga juga menggencarkan Pasar Murah Ramadan di lima kecamatan. Itu saya kira juga berdampak. Stok beras di tingkat pasar juga sudah cukup memadai,” jelasnya.