Cegah Peningkatan Berat Badan Selama Lebaran, Berikut Tipsnya!

Mitrapost.com – Setelah Lebaran, bukan tidak mungkin berat badan naik karena kalap menikmati berbagai makanan yang disajikan saat bersilaturahmi.

Makanan-makanan khas Idulfitri seperti, rendang, opor ayam, hingga sambal goreng mengandung kalori dan lemak yang tinggi. Belum dengan kudapan ringan, seperti permen dan kue-kue manis yang kaya gula. Hal itulah yang kemudian membuat berat badan cenderung naik usai Lebaran.

Oleh sebab itu, untuk membantu mencegah peningkatan berat badan, berikut tips diet yang bisa dilakukan saat momen Lebaran.

Jangan lewatkan sarapan

Sebelum berangkat silaturahmi, usahakan untuk sarapan lebih dulu di rumah. Ini akan mengurangi keinginan Anda makan berlebihan saat mengunjungi rumah sanak saudara. Seperti hari biasanya, sarapan juga penting untuk menjaga proses metabolisme tubuh akan berjalan dengan baik.

Baca Juga :   Bukan Gangguan Setan, Berikut Penyebab Tindihan

Sarapan juga mengurangi nafsu makan di siang hari, sehingga Anda tidak akan ‘balas dendam’ karena terlalu lapar.

Konsumsi makanan bergizi seimbang

Tips selanjutnya adalah dengan melengkapi gizi di piring Anda. Kurangi porsi lemak dalam sehari dan menggantinya dengan makanan tinggi protein dan serat, seperti sayuran dan buah. Meski demikian, lemak esensial juga penting untuk proses pembakaran lemak tubuh. Asam lemak esensial ditemukan pada biji-bijian, kacang-kacangan, dan ikan kaya omega-3.

Makan secara perlahan

Saat makan, Anda juga perlu menerapkan mindfull eating, yakni makan dengan penuh kesadaran. Konsep ini akan mencegah Anda makan kalap, serta membiasakan berhenti makan sebelum kenyang.

Batasi asupan gula dan garam

Saat Lebaran, Anda mungkin menemukan berbagai pilihan makanan manis dan camilan asin, seperti keripik kentang, permen, kue manis dan sebagainya. Ada baiknya jika Anda membatasi konsumsi makanan-makanan tersebut. Makanan yang tinggi gula dan garam akan menghambat proses penurunan berat badan.

Baca Juga :   Takut Gemuk? Hentikan Kebiasaan Ini Usai Makan Malam

Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Air putih dapat membantu mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh. Oleh sebab itu, penuhi kebutuhan air dengan minum air putih sebanyak 8 gelas sehari. Cairan juga tidak hanya didapatkan dari air mineral, namun juga buah dan sayur yang kaya air, seperti semangka, buah beri dan sebagainya. Selain itu, minum air putih 1-2 gelas sebelum makan juga bisa membantu mencegah makan berlebihan.

Olahraga

Salah satu jenis olahraga yang baik untuk menurunkan lemak, terutama usai Lebaran, adalah latihan cardio. Beberapa diantaranya adalah lari, jogging, jalan cepat, berenang, ataupun bersepeda. Luangkan waktu sekitar 30 menit sehari untuk olahraga 3–5 kali dalam seminggu. (*)

Baca Juga :   Menko Polhukam Harap Pemerintah Beri Izin Penggunaan Lapangan untuk Salat Id

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati