Banyak Pengangguran, Menko PMK Minta SMK Penuhi Kebutuhan Dunia Kerja

Mitrapost.com – Tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Indonesia tinggi. Dimana presentasenya mencapai 5,32 persen atau ada sebanyak 7,86 juta pengangguran per Agustus 2023. Sedangkan jumlah angkatan kerja di Indonesia ada sebanyak 147,71 juta.

Melihat kondisi tersebut, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menilai jika perencanaan kebutuhan tenaga kerja penting.

“Dan karena itu, perencanaan kebutuhan tenaga kerja di setiap daerah itu menjadi sangat penting,” ujarnya dilansir dari Antara.

Selain itu, ia menilai jika sekolah menengah kejuruan (SMK) perlu melakukan penyesuaian agar program pendidikan yang dibuka bisa menjawab kebutuhan dunia kerja. Hal itu ia sampaikan sebab menurutnya masih banyak program dari SMK yang tidak sesuai dengan kebutuhan lapangan saat ini.

Baca Juga :   Angka Pengangguran Pati 2020 Capai 24 Ribu

“SMK sendiri harus melakukan reorientasi agar program-program yang dibuka itu betul-betul memang sesuai kebutuhan dunia kerja,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati