Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Asam Lambung

Mitrapost.com Penderita asam lambung seperti diketahui tidak boleh makan sembarangan dan tentu saja banyak pantangan. Sebab, konsumsi makanan sembarangan bisa jadi pemicu naiknya asam lambung ke esofagus (kerongkongan).

Asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah gangguan pencernaan yang terjadi ketika asam lambung di organ lambung mengalami kebocoran sehingga cairan asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan.

Asam lambung rentan terjadi pada orang dengan pola makan sembarangan. Demi mencegah naiknya asam lambung, simak jenis makanan yang perlu dihindari.

Baca juga: Kiat Berpuasa Bagi Penderita Diabetes Menurut Ahli

Kopi dan Teh

Refluks asam akan semakin buruk jika terkontaminasi dengan minuman berkafein seperti kopi dan teh. Mulai sekarang, pilihlah teh yang bebas kafein untuk dinikmati sebelum beraktivitas di pagi hari.

Baca Juga :   Manfaat Hingga Mitos Infused Water Bagi Kesehatan

Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi memang menyegarkan. Namun, gelembung pada minuman berkarbonasi di perut dapat memicu lebih banyak tekanan dan rasa sakit. Daripada minum minuman berkarbonasi, gantilah dengan minum segelas air putih atau teh bebas kafein untuk melepas dahaga.

Cokelat

Coklat dipercaya mampu menghilangkan stres. Akan tetapi, bagi penderita asam lambung, sebaiknya menghindari makanan manis yang satu ini. Coklat mengandung bahan yang disebut methylxanthine yang terbukti mengendurkan otot polos di LES dan meningkatkan refluks asam. Camilan coklat juga mengandung kafein, lemak, dan cokelat yang memicu naiknya asam lambung.