Hari Ini dan Besok Matahari di Atas Ka’bah, Saatnya Meluruskan Arah Kiblat

Pati, Mitrapost.com Matahari berada persis di atas Kabah pada sore nanti (27/5/2020) dan besok sore (28/5/2020). Fenomena alam ini dapat dimanfaatkan umat Islam di seluruh dunia untuk memperbaiki arah kiblat masjid maupun mushala.

Sekertaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pati Abdul Hamid mengatakan peristiwa ini dinamakan Rashdul Qiblah, yakni waktu matahari tepat di atas kiblat umat Islam.

Pada saat tersebut, posisi matahari tepat di atas kota Makkah (Ka’bah) yang berada pada Lintang 39 derajat 49 menit 34 detik LU, serta Bujur 21 derajat 25 menit 21 detik BT. Oleh karena itu, seluruh bayangan dari sinar matahari menuju ke Masjidil Haram.

Baca Juga :   Tak Bisa Ukur Arah Kiblat Karena Berawan, Masyarakat Dapat Bertemu Lagi dengan Momen Rashdul Qiblah pada Bulan Juli Mendatang

“Rashdul Qiblat terjadi pada saat waktu dhuhur kota Makkah. Untuk kota Pati kurang lebih sekitar jam 16.18 WIB,” ujar Abdul Hamid kepada Mitrapost.com, Rabu (27/5/2020) hari ini.

Baca juga : PCNU Imbau Masyarakat Gunakan Media Sosial untuk Silaturrahmi Selama Keadaan Darurat Covid-19

Senada, pakar Falak Ma’had Aly TBS, Nur Aflah mengatakan Rashdul Qiblah terjadi dalam dua hari ini. “Hari ini (27/5/2020) dan besok (28/5/2020) juga bisa Rashdul Qiblah, kog. Pukul 16.18 WIB, kang. Semua bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat,” imbuh Nur Aflah dihubungi terpisah.