Dewan Pati Minta Pemkab Siapkan Poskestren

Pati, Mitrapost.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati minta Pemkab menyiapkan Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren). Hal ini untuk mencegah penyebaran klaster baru covid-19 di lingkungan pondok.

Endah Sri Wahyuningati, Wakil Ketua Komisi D DPRD Pati mengatakan bahwa pembentukan Poskestren adalah bentuk tindakan preventif dalam memutus penyebaran virus di fase new normal.

“Oleh karenanya hal ini harus dilakukan, untuk menyambut para santri yang akan kembali ke pesantrennya,” ungkapnya pada Sabtu (4/7/2020).

Baca juga: Dinkes Pati Imbau Pembentukan Poskestren di Lingkungan Pondok

Tindakan ini selain bisa mendeteksi dini penyebaran covid-19 juga bisa membantu pesantren dalam melakukan cek kesehatan bagi para santri.

Baca Juga :   Sudah Paten Milik Kabupaten Pati, Dewan Ajak Masyarakat Populerkan Batik Bakaran

“Jadi melalui Poskestren santri akan dicek kesehatannya, dari hasil cek kesehatan jika ditemukan santri yang mempunyai gejala mengarah ke covid-19 maka akan diprioritaskan menjalani rapid test,” pungkasnya.

Selain itu PCNU Kabupaten Pati juga memberlakukan petaturan bagi santri yang mondok di Kabupaten Pati untuk melakukan tes kesehatan sebelum aktif lagi ke pesantren. Sedangkan santri yang mkndok di luar daerah diwajibkan untuk melakukan rapid test. Hingga Sabtu ini, PCNU telah melakukan rapid test kepada 96 santri. (Adv/AR/UP/SHT)