oleh

Dinkes Pati Imbau Pembentukan Poskestren di Lingkungan Pondok

Pati, Mitrapost.com – Rencana pelaksanaan kegiatan belajar di lingkungan pondok pesantren dalam tatanan new normal akan dilaksanakan dengan membentuk Pos Kesehatan Pesantren (Posketren). Menindaklanjuti hal ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Pati menggelar rapat pertemuan penyelenggaraan Poskestren yang dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing Kepala Puskesmas se-Kabupaten Pati.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, dr. Edy Siswanto mengatakan Satgas Gugus Tugas Covid 19 nantinya yang berwenang memberi rekomendasi kepada pesantren bila hendak melaksanakan kegiatan pembelajaran dan menerima santri yang masuk pondok.

Baca juga: ‘New Normal’ di Lingkungan Ponpes, Bupati Pati: Tunggu Regulasi Resmi Kemenag

Sedangkan, menurut evaluasi tim Gugus Covid-19 sejauh ini baru ada sebagian kecil yang menyelenggarakan Poskentren.

Baca Juga :   Ikuti Vaksinasi, ASN Pati: Puji Tuhan Ndak Ada Keluhan

“Bahwa pesantren ini wacananya akan kita buka. Dalam kegiatan hari ini kita akan sosialisasikan apa yang harus dikerjakan oleh pesantren dan puskesmas. Karena dari 280an pesantren, yang punya pos kesehatan santri hanya 36. Maka saya minta teman-teman puskesmas, saya imbau bagi yang belum punya Poskestren agar segera dibentuk. Nanti mereka yang memantau,” katanya kepada Mitrapost.com, Jumat (26/6/2020).

Dalam Poskentren nanti, pihak pondok diwajibkan membentuk kader-kader kesehatan yang bertugas menyediakan sarana protokol kesehatan dan mengatur regulasi physical distancing.

“Kalau Istilahnya Pak Ganjar ‘Jogo Santri’. Ponpes nanti punya kader-kader kesehatan. Mereka menyediakan hand sanitizer dan tempat cuci tangan. Ini sudah mulai tapi belum ada kegiatan,” terang Edi. (*)

Baca Juga :   Eks Pasien Covid-19 di Pati Tak Diterima Keluarga, Diurus Desa

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Berita Terkait