oleh

Tips Memilih Hewan Kurban dari Dinpertan Kudus

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Kudus, Mitrapost.com Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus menyebutkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih hewan kurban.

Selain dari sisi kesehatan beberapa hal berikut juga harus diperhatikan dalam memilih hewan kurban. Yaitu mulai dari segi usia hewan hingga kondisi fisik hewan kurban.

Baca juga: Dinas Pertanian dan Pangan Kudus Gencarkan Pemantauan Kesehatan Hewan

Sudah powel

Pemilihan hewan kurban setidaknya adalah hewan yang sudah berumur 12-18 bulan untuk kambing. Sedangkan sapi dan kerbau yang dipilih harus berumur 22 bulan. Hal ini biasanya ditandai dengan tanggalnya gigi susu atau sudah powel.

Sehat

Hewan yang dipilih juga harus dalam keadaan sehat. Hal ini bisa dilihat dari matanya jernih dan tidak berair, hidung terlihat basah, bersih dan tidak mengeluarkan cairan, bulu terlihat mengkilat dan tidak kusam. Sedangkan anus dalam kondisi kering. Kalau anus terlihat basah bisa dipastikan hewan diare.

Baca Juga :   Hartopo Berpesan KONI Kudus Berinovasi Optimalkan Bidang Olahraga

Tidak cacat

Kondisi tubuh hewan ideal dan kaki simetris, organ tubuh tidak cacat. Misalnya mata buta sebelah, kaki pincang, ekor patah, atau buah zakar (testis tidak lengkap).

Tidak memilih hewan kurban yang memiliki koreng karena hewan tersebut mengidap penyakit kulit scabies yang disebabkan oleh tungau, dan kutu kecil.

Tidak kurus

Kurus tidaknya hewan bisa dilihat dari tulang. Jika tulang hewan banyak yang menonjol, hewan tersebut dipastikan kurus.

Baca juga: Sambut Idul Adha di Fase New Normal, Kemenag Edarkan Protokoler Sholat Idul Adha

Sementara itu, untuk memastikan kondisi hewan kurban benar-benar sehat, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus juga melakukan pemantauan kesehatan di sejumlah titik. Diantaranya kelompok-kelompok ternak, pedagang, pengepul-pengepul hewan, peternak mandiri, juga pasar-pasar hewan di Kudus.

Baca Juga :   Tak Gunakan Masker, Pemkab Kudus Mulai Terapkan Sanksi Denda 50 Ribu

“Alhamdulillah sampai bulan ini kondisi hewan yang kami pantau dalam kondisi aman baik dan sehat,” ujar Indriatmoko, Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus. (*)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS