Tips Memilih Hewan Kurban dari Dinpertan Kudus

Kudus, Mitrapost.com Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus menyebutkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih hewan kurban.

Selain dari sisi kesehatan beberapa hal berikut juga harus diperhatikan dalam memilih hewan kurban. Yaitu mulai dari segi usia hewan hingga kondisi fisik hewan kurban.

Baca juga: Dinas Pertanian dan Pangan Kudus Gencarkan Pemantauan Kesehatan Hewan

Sudah powel

Pemilihan hewan kurban setidaknya adalah hewan yang sudah berumur 12-18 bulan untuk kambing. Sedangkan sapi dan kerbau yang dipilih harus berumur 22 bulan. Hal ini biasanya ditandai dengan tanggalnya gigi susu atau sudah powel.

Sehat

Hewan yang dipilih juga harus dalam keadaan sehat. Hal ini bisa dilihat dari matanya jernih dan tidak berair, hidung terlihat basah, bersih dan tidak mengeluarkan cairan, bulu terlihat mengkilat dan tidak kusam. Sedangkan anus dalam kondisi kering. Kalau anus terlihat basah bisa dipastikan hewan diare.

Baca Juga :   Hari Raya Idul Adha, Sebuah Teladan Kehidupan dari Nabi Ibrahim dan Keluarganya

Tidak cacat

Kondisi tubuh hewan ideal dan kaki simetris, organ tubuh tidak cacat. Misalnya mata buta sebelah, kaki pincang, ekor patah, atau buah zakar (testis tidak lengkap).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati