oleh

Pandemi, Dinkes Lakukan Rapid Test HIV/Aids di LI, Namun Tidak Rapid Test Covid-19

Pati, Mitrapost.com – Beberapa waktu lalu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati melakukan uji tes cepat atau rapid test pemeriksaan HIV/Aids di kompleks Lorong Indah. Namun, hingga saat ini belum menggelar rapid test Covid-19.

Padahal di tengah pandemi Covid-19, rapid test Covid-19 perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona. Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Kabupaten Pati, Ninik Trisnawati S, mengatakan tidak mempunyai kewenangan untuk menggelar rapid test Covid-19.

“Kalau rapid test Covid-19, itu wewenangnya berbeda, (bidang) saya kan penyakit menular, oke Covid-19 penyakit menular. Tapi itu penyakit menular yang tidak biasa saja. Itu penyakit menular infekcius emergency, jadi peneyebarnnya sporadis dengan KLB dan sebagainya,” ujar Ninik kepada Mitrapost.com belum lama ini.

Baca Juga :   Video : Pemkab Resmi Tutup Lorong Indah

Masih bukanya Lorong Indah di masa pandemi sendiri disesalkan berbagai kalangan. Apalagi Dinkes tidak melakukan upaya-upaya pencegahan Covid-19 di tempat hiburan malam ini.

Baca juga : Pilkada Serentak 2020 akan Dilaksanakan dengan SOP Kesehatan

Pihaknya baru menggelar rapid test HIV/Aids. “Kita lakukan screening HIV/Aids dan conseling terhadap populasi kunci atau WPS. Dimana mereka salah satu sasaran dalam program pengendalian HIV/Aids. Total ada 53 yang dites, 48 wanita dan 5 laki-laki. Pengunjung maupun pekerja yang ada di sini,” tutur Ninik Trisnawati S.

Pembukaan Lorong Indah sendiri menyalahi aturan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati sebenarnya belum mencabut surat edaran penutupan sementara tempat pariwisata maupun tempat hiburan malam di masa pandemi Covid-19 yang dikeluarkan pada akhir Maret lalu.

Baca Juga :   PPKM Darurat, Ojek Online di Pati Banjir Layanan Pesan Antar

Namun, dalam kenyataannya masih banyak tempat hiburan malam yang masih beroperasi. Hal ini dinilai ada indikasi tidak seriusnya Pemkab dalam mencegah penyebaran virus corona. (*)

Baca juga : 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Redaktur : Dwifa Okta

Berita Terkait