oleh

Hingga Bulan Juli, Ada23 Kasus Kebakaran di Rembang

Rembang, Mitrapost.com Kasus kebakaran di Kabupaten Rembang mencapai angka 23 kasus. Akumulasi angka ini terhitung mulai dari awal tahun 2020.

“Ada 23 kejadian kebakaran di Rembang. Rata-rata perbulannya 3 atau 4,” jelas Firman Budi, Kasi Pemadam Kebakaran Kabupaten Rembang pada (23/7/2020) saat ditemui di kantornya.

Sedangkan untuk bulan Juli tahun ini menurutnya sudah ada 3 kasus kebakaran. Ketiga kasus tersebut terjadi di dua kecamatan, yakni Sulang dan Rembang.  “Di Sulang kemarin kebakaran rumah. Dua di Rembang, gudang ikan dan kandang jerami.”

Ia menjelaskan untuk kerugian paling besar sampai pertengahan tahun terjadi di daerah Tasik Agung.  “Kalau untuk kerugian, di Tasik Agung gudang ikan itu mencapai 73 juta. Itu taksiran sementara.”

Baca juga: Januari Hingga Juni, Tercatat Ada 136 Peristiwa Kebakaran di Pati

Firman juga mengatakan untuk penyebab kebakaran memang belum dapat diketahui semua.  Ini karena kebanyakan masyarakat yang menjadi saksi juga tidak mengetahui “Hampir belum bisa di ketahui penyebabnya. Karena masyarakat yang menjadi saksi juga tidak mengetahui.”

Namun jika merujuk tahun lalu, Firman mengungkapkan penyebab kebakaran karena banyaknya pembakaran sampah dan pembukaan lahan yang dilakukan oleh warga.  “Kebanyakan bakar-bakar kemudian ditinggal.”

Sedangkan dalam menghadapi musim kemarau ini, pihaknya telah melakukan pemetaan rawan kebakaran. “Area rawan kebakaran di kecamatan kota. Karena perumahan. Dan fokus kita juga menangani kebakaran yang dekat pemukiman.  Kalau jauh pemukiman biasa para relawan.”

Selain itu, ia juga menjelaskan sampai sejauh ini kebakaran di Rembang belum ada korban jiwa.  “Kalau korban jiwa belum ada. Paling luka kecil dan bakar.”

Meskipun begitu Firman tetap mengimbau kepada masyarakat Rembang agar tidak melakukan pembakaran sampah sembarangan.  (*)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Tentang Penulis: Aziz Afifi

Gambar Gravatar
Wartawan Mitrapost.com Area Rembang dan Blora

Berita Terkait