oleh

Unik dan Punya Warna Nyentrik, Pisang Merah Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Ba-ba-ba-ba-banana

Ba-ba-ba-ba-ba-nana

Banana-ah-ah

Potato naaa…

Banana…

To ka li lo po ta to li ka

Ni wa lo ma ni ka no

Ki ba ba ba ba banana

Mitrapost.com – Penggalan lirik diatas adalah lagu yang identik dengan para minion berwarna kuning di film animasi Despicable Me. Tapi di sini bukan minion yang akan dibahas. Tapi si kuning penuh manfaat, buah pisang.

Banana atau pisang adalah buah yang mempunyai kandungan serat, vitamin, dan potasium yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Diantara banyak jenis pisang yang ada di Asia Tenggara, pisang merah adalah  salah satu varietas pisang yang memiliki perbedaan cukup mencolok karena kulitnya berwarna ungu kemerahan.

Pisang merah selain mengandung banyak vitmin C, potasium, dan serat juga mengandung protein, lemak, dan magnesium. Lalu apa saja manfaat mengonsumsi pisang merah untuk kesehatan?

Baca juga: Manfaat Prebiotik untuk Kesehatan Anak

Meningkatkan sistem imun tubuh

Satu buah pisang merah mengandung sembilan persen vitamin C dan 28 persen B6 yang baik untuk daya tahan tubuh.

Vitamin C membantu menguatkan sel dalam sistem imun, sementara vitamin B6 menjaga produksi sel darah putih dan antibodi tubuh.

Baik untuk kesehatan mata

Pisang merah mengandung karetonoid yang memberi warna merah pada kulitnya. Jenis karetonoid pada pisang merah adalah lutein dan beta karotena yang baik untuk kesehatan mata.

Lutein bisa membantu mencegah penurunan daya penglihatan dan penyakit mata yang sulit disembuhkan.

Sementara kandungan beta karotena akan diubah menjadi vitamin A saat dikonsumsi oleh tubuh. Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan mata.

Baca juga: Wiwit, Kenduren Ajaran Sunan Kalijaga Sambut Masa Panen

Menurunkan tekanan darah

Pisang mera memiliki kandungan kalium yang penting untuk kesehatan jantung. Selain itu kandungan potasium dan magnesium pada pisang merah bisa membantu menurunkan tekanan darah karena keduanya mengandung mineral yang baik untuk dikonsumsi tubuh.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Pisang merah merupakan sumber serat prebiotik yang bagus untuk usus. Prebiotik pada pisang merah adalah jenis Fructooligo saccharides yang bagus untuk mengatasi masalah pencernaan. Kandungan prebiotik ini membantu mengurangi kembung dan sembelit.

Mengonsumsi pisang merah juga baik untuk melancarkan buang air besar, mengurangi peradangan di usus, dan memicu pertumbuhan bakteri baik usus.

Kaya akan antioksidan

Pisang merah ternyata juga mengandung antioksidan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pisang kuning. Dalam pisang merah ada antioksidan berupa karotenoid, antosianin, vitamin C, dan dopamin.

Antioksidan berguna untuk melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Baca juga: Manfaat Timun bagi Kesehatan Tubuh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed