oleh

Rasul Mengajarkan Umatnya Membaca Doa Ini Sebelum Memulai Aktivitas Pagi

Mitrapost.com Dalam mengawali aktivitas alangkah baiknya untuk dibuka dengan doa dan kebaikan.

Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya agar memanjatkan doa yang penuh berkah pada waktu subuh sebelum melakukan kegiatan hariannya.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَ رِزْقًا طَيِّبًا، وَ عَمَلًا مُتَقَبَّلًا

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima.”

Tiga hal yang diajarkan itu adalah doa agar umatnya selalu diberikan ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amalan yang diterima oleh Allah.

Rasul selalu mendahulukan meminta ilmu yang bermanfaat dalam doa paginya. Dengan memiliki ilmu, umat Rasul akan mampu membedakan hal baik dan hal buruk, yang haram dan yang halal. Ilmu yang manfaat di sini adalah ilmu yang tidak hanya berguna bagi diri sendiri tetapi sekaligus yang bermanfaat kepada orang lain.

Baca juga: Tak Kunjung Dapat Jalan Keluar, Bacalah Doa Ashabul Kahfi

Doa agar diberikan rezeki yang baik dan halal juga menjadi hal penting dalam keberlangsungan hidup umat manusia. Sebab segala hal yang diawali dengan kebaikan, insyaallah akan berujung kepada kebaikan pula. Seperti halnya rezeki, halal di sini juga mencakup bagaimana upaya mendapatkan rezeki tersebut.

Sedangkan doa agar amal diterima adalah satu doa yang besar manfaatnya kelak di akhirat sana. Sebab amal yang diterima di sisi Allah insyaallah berarti mendatangkan pahala. Pahala inilah yang nantinya akan menentukan apakah umat Rasul akan ditempatkan di surge maupun neraka.

Doa ini dianjurkan untuk dipanjatkan pada subuh hari sebelum memulai kativitas dan akan lebih baik jika dilakukan sebagai amalan harian.

Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya. Amin. (*)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Berita Terkait