Video : Kabupaten Pati Menduduki Peringkat ke 23 Kasus TBC di Jawa Tengah

Pati, Mitrapost.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati mencatat Kabupaten Pati menduduki peringkat ke 23 kasus tuberculosis (TBC) di Jawa Tengah.

“Untuk kasus TBC di Pati belum menggembirakan. Di Jateng itu ada 35 Kabupaten/Kota, kita menduduki peringkat ke 23, berarti kita berada di urutan tengah ke bawah,” kata dr. Joko Leksono Widodo selaku Kabid (Kepala Bidang) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Pati, Rabu (5/8/2020).

Joko mengungkapkan, bahwa TBC adalah penyakit rakyat yang dapat menyerang masyarakat berstatus sosial tinggi atau rendah, balita, remaja hingga dewasa. Penyakit menular ini menyerang saluran pernafasan dan dapat menginfeksi segala usia melalui bakteri atau kuman.

Baca Juga :   Video : Kasus TBC Memprihatinkan, Dinkes Pati Gandeng MSI

Diakui Joko bahwa dari tahun 2018, kasusnya terus bertambah. Kendati demikian capaian pelayanan pasien TBC di Pati juga telah mengalami peningkatan.

“Jumlah target (pelayanan TBC) ditentukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi sesuai jumlah penduduk kita. Di tahun 2018, dari target 1.441 pasien, baru tercapai 38% (capaian pelayanan TBC). Sebelum pandemi (tahun 2019) ada peningkatan yang cukup signifikan diantara 1.760 pasien yang menjadi target, untuk pelayanannya sudah tercapai 71,8% hampir 2 kali lipat,” terang Joko.