oleh

Dinas Ketapang Siapkan 45 Ton Gabah Siap Giling untuk Cadangan Bansos

Pati, Mitrapost.com Kebijakan new normal sudah berjalan meski wabah covid-19 belum berlalu. Menghadapi pandemi Covid-19 yang masih belum bisa diprediksi dapat hilang, Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Pati menyiapkan 45 ton gabah untuk dijadikan cadangan bantuan sosial kepada warga Pati terdampak virus corona.

Selain untuk dibagikan kepada warga terdampak covid, gabah ini juga untuk disalurkan kepada warga Pati yang tertimpa bencana alam.

Meski begitu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pati melalui Sekretarisnya, Sunartopo mengatakan gabah tersebut belum bisa disalurkan karena 7 bantuan jaring pengaman social masih berjalan.

“Untuk Covid ini kita punya persediaan gabah ada di gudang sekitar 45 ton, tapi belum kita gunakan. Alokasinya biasanya juga buat bencana. Sementara belum bisa disalurkan karena ada Dinsos (Dinas Sosial). Kan ada banyak juga batuan sosial lain,” ungkap Sunartopo pada Sabtu (8/8/2020).

Baca juga: Produksi Gabah Kering Kabupaten Pati Diprediksi Meningkat Hingga 30 Ribu Ton

Selain itu diakuinya untuk ketersediaan beras bagi warga Pati masih mencukupi untuk menopang makanan pokok hingga tahun depan.

“Wilayah Pati yang 360 hektar di 21 kecamatan, 401 desa, dan 5 kelurahaan mayoritas petani. Ditambah lagi infrastrukturnya bagus, sehingga penjual beras dapat mobilitas degan lancar,” terang Sunartopo.

Kendati demikian, Dinas Ketapang Pati siap menyalurkan gabah itu kapanpun jika sudah mendapat instruksi dari Bupati.

“Kita menunggu instruksi Pak Bupati. Karena kan sementara ini sudah teratasi oleh Dinsos. Jadi kita tidak menghambur-hamburkan beras dan tidak tumpang tindih (bantuannya). Kalau darurat, baru kita keluarkan.”

Selain itu Dinas Ketapang juga telah mempunyai database calon penerima bansos, kerena sebelumnya telah menyalurkan 1,1 ton beras kepada warga Pati yang terdampak virus corona. (*)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Berita Terkait