Hand Sanitizer Masih Kalah dengan Keampuhan Cuci Tangan Mengunakan Sabun dan Air

Mitrapost.com Dalam keadaan tertentu, hand sanitizer menjadi pilihan praktis untuk membantu menjaga kebersihan tangan namun pembersih berbasis alkohol itu tidak selalu disarankan untuk digunakan. Hand sanitizer tidak bisa menggantikan air dan sabun untuk menjaga kebersihan tangan.

Menurut studi dari Kyoto Profectural University, Jepang hand sanitizer tidak efektif menghadapi virus flu. Organisme itu masih hidup meskipun telah membersihkan tangan dengan hand sanitizer selama dua menit.

Riset yang dilakukan terhadap 11 responden yang ujung jarinya terpapar lender dari pasien yang mengalami flu. Dengan menggunakan hand sanitizer selama dua menit untuk menyingkirkan kuman, menurut hasil lab membuktikan bahwa virus flu masih aktif. Responden membutuhkan waktu sekitar empat menit untu menyingkirkannya. Hand sanitizer membutuhkan waktu lebih lama. Selain itu tidak bisa membunuh virus seperti flu.

Baca Juga :   Puasa Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria? Begini Penjelasan Dokter

Baca juga: Manfaat Menggunakan Masker Alami Kunyit

Sanitizer bukan agen pembersih yang baik

Hand sanitizer memang mampu mengurangi pertumbuhan mikroorganisme tertentu, namun ia bukan merupakan agen pembersih yang baik dalam memberantas kotoran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati