Nasib Pegiat Ketoprak di Tengah New Normal

Rembang, Mitrapost.com – Semenjak diberlakukan new normal, kegiatan kesenian di Rembang mendapat angin segar. Pasalnya pementasan sudah diperbolehkan oleh dinas terkait.  Salah satunya kebudayaan Ketoprak.

Menurut pegiat kesenian, Frendi pada Rabu (12/8/20), ketoprak kini sudah mulai pentas kembali semenjak mengganggur saat pandemi.  “Sudah, tapi wilayah tertentu. Seperti Rembang, Tuban, Blora boleh.”

Pegiat Ketoprak Wahyu Budoyo, yang bertempat di Kecamatan Sale, mengaku dalam pementasan, semua kru harus tetap mematuhi protokol kesehatan. “Iya ada, Syarat protokol kesehatan seperti umumnya.  Seperti dianjurkan pakai masker” jelasnya.

Baca juga: Gentong Miring Gelar Diskusi Budaya di Era New Normal

Sedangkan dalam tahap perizinan pentas, harus melalui banyak tahap.  Mulai tingkat desa, Polsek sampai ranah dinas kebudayaan.

Baca Juga :   Siap-Siap, PPDB 2021 Segera Dibuka Secara Online

“Minta izin dari kepala desa dan Polsek setempat dulu. Kalau sudah ada izin dari Kades baru dibawa ke (Dinas) pariwisata untuk minta izin.”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati