Dispertan Pati Ungkap Penyebab Kelangkaan Kopi

Foto : Pohon kopi

Pati, Mitrapost.com – Bebeberapa bulan terakhir terjadi kelangkaan kopi. Dinas Pertanian (Dispertan) Pati mengungkapkan, hal ini dipicu oleh petani yang sengaja menimbun hasil kopinya karena belum memperoleh harga yang cocok.

“Sebetulnya langkanya itu karena mereka ingin harga yang bagus. Jadi strateginya kita harus tahan sampai harga bagus. Ada juga nimbun sampai 20 ton,” ungkap Gunawan, Kabid Penyuluhan dan Informasi Dispertan Pati kepada Mitrapost.com beberapa waktu yang lalu.

Diketahui bahwa di pasaran, harga kopi dari tangan petani saat ini dibandrol dengan harga Rp 22.000 hingga Rp 23.000 per kilonya. Menurut Gunawan, secara legal penimbunan kopi memang diperbolehkan oleh pemerintah.

“Meninbun boleh. Yang tidak boleh itu barang yang dibutuhkan masyarakat yang dikendalikan pemerintah,” ungkapnya, dan varetas Kopi tidak termasuk didalamnya.

Baca Juga :   Kendala Penggunaan Kartu Tani untuk Menebus Pupuk

Baca juga : Dianggap Menjanjikan, Area Tanam Tembakau di Pati Meningkat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati