Permudah Petani, Dispertan Pati Pinjamkan Alat Panen

Foto : Kantor Dispertan Pati

Pati, Mitrapost.com  – Banyak yang belum tahu bahwa Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati mempunyai program meminjami alat panen secara gratis kepada para petani di Kabupaten Pati.

“Kami di Pati punya power tracer (alat panen). Bukan untuk disewakan, gratis,” tegas Tutik, Kasi Alsintan (alat mesin pertanian) Dispertan Pati kepada Mitrapost.com, Rabu (2/9/2020).

Untuk mekanisme pinjamnya, Tutik menjelaskan. “Petani mengajukan surat ke Dinas Pertanian untuk pinjam alat, dengan jangka waktu. Biasanya tiga bulan selama waktu panen,” jelasnya.

“Yang mengajukan kelompok tani diketahui  koordinator dan Kepala Desa. Jika ada alatnya di kabupaten, kita layani. Jika di Dinas Kabupaten tidak ada, kita buatkan rekomendasi ke Dinas Pertanian Provinsi,” imbuh Tutik.

Baca Juga :   Dispertan Pati Serahkan Bantuan Alat Transportasi Bagi Petani Tembakau

Yang menjadi catatan, Dispertan hanya meminjami alat. Untuk operator, tenaga, dan kerusakan seluruhnya ditanggung peminjam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati