oleh

Subsidi Internet Belajar Terbatas, Dewan Pati Usul Manfaatkan Mushola dan Masjid untuk Wifi Corner

Pati, Mitrapost.com – Subsidi kuota internet untuk belajar dinilai berbagai kalangan masih kurang dan terbatas. Menurut anggota DPRD Kabupaten Pati, Narso, besaran subsidi dari pemerintah tidak cukup digunakan untuk PJJ. Terlebih siswa maupun guru madrasah tidak mendapatakan subsidi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini.

Maka dari itu, ia mendorong pemerintah untuk membuat smart village yang akan dilengkapi dengan pojok wifi. Namun, sebelum adanya smart village, ia mengajak masyarakat untuk andil dalam menyelesaikan permasalahan PJJ ini.

“Keterbatasan kuota, terutama bagi temen-temen di madrasah, sebelum ada smart village ada gerakan dari masyarakat. Kepedulian dari masyarakat yang mampu membantu yang kurang mampu untuk membantu akses internet ini. Terutama untuk teman-teman dari MI, MTs, Aliyah dan guru-gurunya. Jadi kita semacam ada gerakan gotong royong dari masyarakat untuk menyediakan ini,” ujar Narso, kepada Mitrapost.com, belum lama ini.

Baca juga : Madrasah Tak Dapat Internet Gratis, Dewan Pati Usul Dirikan Pojok Wi-fi di Setiap Desa

Bahkan Narso mengusulkan tempat-tempat ibadah seperti mushala dan masjid dimanfaatkan sebagai wifi corner. Hal ini dapat menghidupkan masjid. Namun, ia mewanti-wanti agar masyarakat juga menerapkan protokol kesehatan.

“Bisa lebih bagus lagi akses wifi corner ini ada di mushala, masjid. Sehingga mushala masjid tidak hanya untuk ibadah saja tapi juga untuk tempat belajar dari para siswa madrasah tadi tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan,” tuturnya.

Kemendikbud mengalokasikan anggran sekitar Rp7,2 triliun untuk program kuota internet gratis bagi pelajar, guru, mahasiswa maupun dosen.

Subsidi ini akan diberikan selama empat bulan ke depan, terhitung dari bulan September hingga Desember 2020. Pelajar SD hingga SMA akan mendapat 35 GB/bulan, guru mendapat 42 GB/bulan, mahasiswa dan dosen 50 GB/bulan. (Adv/UH/DF/SHT)

Baca juga : 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebookinstagram, dan twitter

Redaktur : Dwifa Okta

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed