oleh

Olahraga Pereda Stres Saat Weekend

Mitrapost.com – Apa yang kamu lakukan untuk mengisi waktu akhir pekanmu? Olahraga menjadi salah satu pilihan aktivitas yang tepat untuk menghilangkan penatmu setelah bekerja sepanjang hari terlebih menghadapiu kondisi pandemi yang tak kunjung usai.

Stres yang berkepanjangan dapat mengganggu kesehatan tubuh dan menurunkan sistem imun. Stres merupakan kombinasi kecemasan, ketakutan pada hal yang tidak diketahui dan depresi serta rasa sakit yang ditahan di dalam. Olahraga jalan keluar untuk melepaskan ketegangan itu.

Baca juga: Kacang Merah Kaya Serat dan Manfaat Bagi Kesehatan

tidak hanya bisa mengeluarkan tekanan emosional, dengan berolahraga bisa membuat tubuh kamu menjadi bugar dan sehat. Berikut ini ulasannya melansir Tempo.co, Sabtu (12/9/20).

  1. Peregangan

Stres dapat membebani otot Anda. Di sisi lain, bekerja terlalu lama sambil duduk di depan laptop bisa menekan leher dan bahu. Ketika Anda melepaskan sebagian ketegangan otot fisik ini melalui peregangan, Anda mungkin juga akan merasakan lebih sedikit tekanan emosional.

Baca juga: Tips Memotong Bawang Agar Peroleh Manfaat yang Maksimal

Lakukan peregangan selama 10 menit dan Anda bisa menuai manfaatnya. Mulailah dengan area tubuh Anda yang terasa kencang. Jika itu terjadi di mana-mana, fokuslah pada bahu, leher, betis, paha belakang dan pinggul yang biasanya menahan ketegangan.

  1. Yoga

Yoga dikenal bisa menghilangkan stres dan meningkatkan kesehatan mental serta emosional, ditambah kekuatan dan keseimbangan.

  1. Berjalan

Berjalan salah satu latihan yang paling hemat biaya, mudah dilakukan dan mampu menghilangkan stres di samping bisa memperkuat otot Anda serta meningkatkan kebugaran kardiovaskular Anda pada saat yang bersamaan.

Baca juga: Cacat Kaki Tak Halangi Rubiatun Bermanfaat Bagi Masyarakat

Berjalan kaki dapat mengurangi kadar hormon kortisol terkait stres dan meningkatkan cara orang merasakan stres emosional mereka sendiri, terutama jika mereka berjalan di alam.

  1. Lari

Latihan seperti lari melepaskan zat kimia otak yang menenangkan dan merilekskan.

Baca juga: Cengkeh, Jenis Rempah yang Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Jika Anda baru mencoba berlari atau sudah lama tidak berolahraga, lakukan perlahan dan tetapkan tujuan yang realistis. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran medis.

Anda mungkin ingin merasa nyaman dengan jalan cepat terlebih dahulu sebelum naik ke periode bergantian antara berjalan dan joging.

Nah, sekarang kamu tinggal memilih jenis olahraga mana yang cocok dengan kamu untuk menghalau rasa penat.

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait