oleh

Arab Saudi Buka Penerbangan Internasional, Kemenag Pati: Belum Ada Izin Umroh

Pati, Mitrapost.com Pemerintah Arab Saudi mulai hari ini, Selasa (15/9/2020) sudah mengizinkan penerbangan reguler internasional. Meski begitu, dalam waktu dekat belum ada tanda-tanda apapun dalam penerimaan jamaah umroh dari luar negeri tahun ini.

Hal ini disampaikan oleh Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Pati Abdul Hamid. Selain mengonfirmasi kabar tersebut, ia juga manyampaikan jika tidak ada halangan, pada Januari 2021 mendatang pihak Arab Saudi berencana akan sepenuhnya membuka akses kunjungan dari negara lain.

“Informasi dari Kasubdit Dokumen pada Direktorat Pelayanan Haji Dalam Negeri Dirjen PHU, Pemerintah Arab Saudi mengizinkan penerbangan reguler internasional terhitung sejak tanggal 15 September 2020. Pembukaan sepenuhnya akan dilakukan tanggal 1 Januari 2021,” ungkap Hamid, Selasa (15/9/2020).

Dengan kata lain, untuk tahun 2020 ini Arab Saudi belum menerima pembukaan umroh dari luar negeri.

Kementerian Agama akan membuat sebuah rencana untuk memberangkatkan jamah umroh secara bertahap merujuk pada hasil evaluasi haji yang lalu dan perkembangan Covid-19. Namun realisasi rencana ini Kemenag Pati masih belum bisa memastikan kapan waktu pelaksanaannya.

“Belum bisa dipastikan. Kita nunggu kebijakan lebih lanjut dari Arab Saudi,” pungkas Hamid

Baca juga: Kemenag Pati Prediksi Bulan Oktober Mendatang Sudah Bisa Umroh

Kriteria perjalanan internasional yang diperbolehkan masuk ke Arab Saudi

Perjalanan internasional untuk warga negara (militer, pegawai pemerintah, dan warga sipil yang ditugaskan untuk tugas resmi).

Perjalanan internasional bagi ekspatriat untuk masuk dan keluar Kerajaan dengan kategori visa Exit-reentry, Work Visa, dan Visit Visa.

Kriteria selanjutnya adalah bagi yang masuk dan keluar untuk warga negara anggota GCC (negara-negara di Semenanjung Arab).

Setiap orang yang hendak melakukan perjalanan internasional yang dimaksud diwajibkan membawa hasil uji Covid-19 selambat-lambatnya 48 jam sebelum penerbangan. (*)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed