oleh

Terlalu Lama di depan Komputer, Lakukan Senam Mata untuk Redakan Mata Lelah

Mitrapost.com Di era digital ini, tiada hari tanpa menggunakan gadget. Di tambah kondisi pandemi Covid-19 yang membuat kita lebih sering menggunakan gadget dalam waktu yang lebih lama.

Memandang layar gadget seperti handphone dan monitor laptop maupun PC dalam waktu lama membuat penglihatan kabur, mata kering atau berair dan terasa berat di bagian kelopak mata.

Nah, untuk mengatasi mata lelah karena berjam-jam fokus pada layar gadget kamu bisa melakukan senam mata berikut ini:

Sauna telapak tangan

Gosok kedua telapak tangan bersama-sama sampai terasa hangat. Kemudian, tempatkan kedua tangan dengan lembut menutupi kedua mata; ujung-ujung jari beristirahat di dahi, telapak tangan pas di atas mata, dan tumit tangan bertumpu pada pipi.

Jangan langsung menyentuh bola mata, tapi lowongkan sedikit ruangan sambil tetap memungkinkan kedua tangan berfungsi sebagai tirai untuk menciptakan kegelapan di depan mata. Tutup mata, bernapas dalam-dalam, dan rileks.

Lemaskan mata dan nikmati waktu istirahat dari stimulasi visual ini. Teruskan palming sampai merasa baikan atau beberapa detik hingga lima menit. Setelah itu lepas telapak tangan dan buka kedua mata.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Bulu Mata Lentik

Memutar mata

Duduk tegap, tulang belakang memanjang, dan bernapas santai. Lembutkan pandangan dengan melemaskan otot-otot mata dan wajah. Arahkan pandangan ke langit-langit. Lalu, perlahan, gerakkan mata melingkar searah jarum jam, seolah menggambar sebuah lingkaran sebesar mungkin.

Perlahan, fokuskan pandangan pada obyek-obyek di sekitar jarak pandang selama melakukan putaran ini. Lakukan terus sampai gerakan mata terasa halus dan lancar. Ulangi tiga kali, tutup mata, dan rileks. Kamu bisa mengulangi gerakan mata dari awal sebanyak tiga kali, tapi dengan arah yang berlawanan.

Gonta-ganti fokus

Lemaskan tubuh dan bernapas dengan santai. Luruskan satu lengan dengan kepalan tangan longgar tepat sejajar di depan mata; buka ibu jari mengarah ke atas. Fokuskan pandangan pada ibu jari. Jaga agar pandangan tetap melekat pada ibu jari sambil perlahan-lahan tarik ibu jari mendekati hidung sampai tidak lagi bisa fokus jelas mengarahnya. Tarik-buang napas dalam-dalam, kemudian kembalikan posisi lengan teregang seraya menjaga fokus melekat di ibu jari. Ulangi sepuluh kali.

Baca juga:Awas! Sering Mengucek Mata Bisa Sebabkan Gangguan Penglihatan

Lihat jarak jauh

Istirahatkan pandangan mata pada sebuah obyek yang jauh (jika berada dalam ruangan, alihkan pandangan ke luar jendela, jika bisa). Fokus pada obyek tersebut sejelas mungkin sambil tetap menjaga mata dan wajah rileks. Ambil napas dalam-dalam, kemudian perlahan geser pandangan ke sebuah obyek yang dekat.

Bayangkan mata seolah menelan gambar yang Anda lihat. Teruskan memindahkan pandangan ke jarak jauh yang lebih bervariasi sambil sementara berhenti sejenak.

Pijat wajah

Perlahan pijat dahi dan sepanjang kedua alis juga daerah bawah mata dengan ujung-ujung jari. Pijat relaksasi wajah ini dapat membantu meringankan tekanan di otot wajah dan mata.

Melirik

Kadang, melirik kanan-kiri juga dapat disiasati sebagai olahraga untuk mata lelah. Sambil duduk santai, tutup mata dan gerakkan mata ke atas sejauh yang kamu mampu. Tahan selama beberapa saat, kemudian turunkan pandangan ke bawah.

Ulangi beberapa kali kemudian buka mata dan lihat sekitar. Tutup mata kembali. Sekarang, sambil tetap menutup mata, lirik ke kanan kemudian pindah ke kiri. Ulangi beberapa kali, ganti arah. (fp)

Baca juga: Bahaya Asap Rokok Terhadap Mata, Selain Gatal Bisa Berakibat Kebutaan

 

Artikel ini telah tayang di Hello Sehat dengan judul ‘6 Gerakan Senam Mata untuk Mengusir Mata Lelah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed