Awas! Sering Mengucek Mata Bisa Sebabkan Gangguan Penglihatan

Mitrapost.comSaat mata terasa gatal ataupun kelilipan, satu hal yang reflek akan dilakukan adalah mengucek mata dengan tangan. Atau saat merasa ngantuk dan sesaat setelah bangun tidur, mengucek mata dengan tangan mungkin sudah menjadi kebiasaan. Namun, kebiasaan tanpa sadar ini ternyata bisa menimbulkan masalah kesehatan bagi mata.

Mengucek mata membantu merangsang keluarnya air mata untuk melumasi mata yang kering. Selain itu mengucek mata juga dianggap bisa membantu menghilangkan debu dan zat yang mengiritasi lainnya yang mungkin masuk ke mata.

Saat mengucek mata, tekanan pada mata itu bisa merangsang saraf vagus atau saraf yang berda di sekitar mata dan akan memperlambat denyut jantung yang bisa membantu mata kembali rileks.

Baca Juga :   Kebiasaan yang Sebabkan Keriput di Usia Muda

Tapi, terlalu sering mengucek mata ternyata bisa berakibat buruk pada kondisi kesehatan mata. Berikut dampak yang bisa ditimbulkan akibat sering mengucek mata:

Baca juga: Bahaya Asap Rokok Terhadap Mata, Selain Gatal Bisa Berakibat Kebutaan

Kantung mata hitam

Sedikit yang tahu kalau mengucek mata ternyata bisa mengakibatkan kantung mata semakin hitam. Hal ini karena pembuluh darah semakin terlihat. Meskipun terlihat sederhana dan tidak mempunyai efek bagi kesehatan namun lingkaran hitam pada mata ini bisa mengganggu penampilan.

Infeksi mata

Tangan menjadi salah satu anggota tubuh yang digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. Seperti memegang barang, kontak dengan hewan dan lainnya. Dari aktivitas itu sangat memungkinkan adanya bakteri yang berpindah ke tangan kita, sehingga tanpa kita sadari saat mengucek mata tanpa cuci tangan terlebih dahulu bakteri-bakteri itu akan sampai pada mata. Akibatnya, hal itu bisa memicu adanya infeksi mata.