Cara Mudah Membuat Bulu Mata Lentik

Mitrapost.com – Memiliki bulu mata yang lentik adalah idaman para wanita. Standar untuk kecantikan bulu mata umumnya adalah bentuk bulu mata lentik, panjang, dan tebal yang membuat mata tampak lebih indah. Memiliki bulu mata yang lentik, memiliki manfaat untuk kesehatan. Dimana bulu mata sendiri memiliki fungsi untuk melindungi kornea mata dari benda-benda.

 Cara membuat bulu mata lentik

Lengkungan pada bulu mata lentik disebabkan jenis sel asimetris di sepanjang rambut pada bagian sisi cekung dan cembung rambut. Lengkungan dari bulu mata setiap orang bisa berbeda-beda. Berikut cara-cara sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah untuk membuat bulu mata lentik.

  1. Menggunakan penjepit bulu mata

Cara ini merupakan salah satu metode paling umum untuk membuat bulu mata lentik. Dengan beberapa kali jepitan, bulu mata bisa lebih terangkat dari biasanya. Akan tetapi, perlu berhati-hati saat menggunakan penjepit bulu mata. Jangan menjepit bulu mata terlalu dekat pada bagian akarnya karena bisa menyebabkan kelopak mata terjepit. Hal ini juga bisa membuat bulu mata tertarik dari akar dan menjadikannya lebih rapuh sekaligus mudah rontok.

  1. Menggunakan maskara

Maskara adalah kosmetik yang berfungsi untuk menebalkan dan membentuk bulu mata. Biasanya maskara digunakan setelah menggunakan penjepit bulu mata. Kosmetik ini dapat mempertahankan bentuk bulu mata hingga waktu tertentu. Sebagaimana halnya kosmetik lain, maskara juga dapat menimbulkan alergi pada sebagian orang. Oleh karena itu, coba terlebih dahulu sedikit maskara pada kulit untuk melihat reaksinya. Hal ini penting dilakukan karena bagian mata dan sekitarnya termasuk area sensitif.

  1. Menggunakan jari tangan

Bulu mata lentik bisa didapatkan dari tekanan ringan dan rasa hangat. Cara melakukan hal ini cukup mudah. Hangatkan ujung jari, kemudian tekan perlahan bulu mata hingga terangkat, hitung hingga sepuluh detik, dan lepaskan. Lakukan cara ini pada semua bagian bulu mata dan ulangi jika diperlukan. Anda cukup membiarkannya atau bisa juga dilanjutkan dengan pemakaian maskara.

  1. Menggunakan sendok

Cara membuat bulu mata lentik berikutnya adalah dengan menggunakan sendok. Berikut langkah-langkahnya:

  • Panaskan sendok dengan merendamnya pada air hangat di dalam mug selama 3 menit.
  • Setelah dikeringkan, pegang sendok secara horizontal dan letakkan sendok di atas kelopak mata.
  • Lengkungan sendok akan berfungsi sebagai pelentik bulu mata. Tekan bulu mata ke arah sendok hingga bulu mata terangkat.
  • Tahan 10 detik, lalu lepaskan.
Baca Juga :   Gampang Kecewa? Lakukan Cara Ini untuk Mengatasinya

Perhatikan temperatur sendok pada saat digunakan. Letakkan sendok pada bagian dalam pergelangan tangan terlebih dahulu. Jika terasa terlalu panas, diamkan beberapa saat sebelum digunakan.

  1. Menggunakan gagang cotton bud

Bulu mata lentik juga bisa didapatkan dengan memanfaatkan gagang cotton bud setelah penggunaan maskara. Caranya, setelah maskara diaplikasikan, angkat dan tahan bagian dasar bulu mata dengan menggunakan gagang cotton bud yang diletakkan horizontal. Tunggu hingga maskara mulai kering, bulu mata akan terlihat lebih terangkat dan lentik. (*)